Senin, 17 Maret 2014

Toga Kima, Perubahan dari Masa ke Masa

Anneyonghaseyo...

Jumpa lagi disini dengan srikandi-srikandi yang multi talent.. Maaf cuaca hari ini sedang dingin dan mendung jadi perlu agak lebay mengikuti trend supaya lebih ceria hehe (apa hubungannya ya?)

Mohon maaf apabila terjadi sedikit kerutan di kening Anda karena kemasan tulisannya memang dibuat tidak terlalu formil sehingga lebih ringan dibacanya. Kami ingin mengedepankan konsep yang ceria, tidak kaku tapi bukan berarti tidak memerhatikan nilai etika. 

Seperti telah disinggung di postingan ke-2 kalau blog kali ini akan membahas mengenai taman toga kami dari masa ke masa terutama setelah tahun 2010. Oke bagian pertama akan kami ceritakan tentang kondisi taman toga pada saat tahun 2011.

A. Tahun 2011

Taman toga di tahun ini mengalami perubahan tempat menjadi di depan dekat koperasi sehingga siapapun yang melintasi asrama kami pasti bisa melihat penampakannya hehe. Perubahan tempat juga merupakan keinginan dari Ibu Ketua dengan alasan agar lebih bisa terlihat dan lebih mudah dijangkau oleh setiap anggota karena pasti akan selalu dilintasi setelah memasuki kawasan asrama.

Pada waktu itu kembali diadakan lomba toga antar ranting. Kima dipimpin oleh Ibu Betty Revolmi yang mengarahkan konsep taman toga berbentuk perahu yang sedang berlayar. Konsep ini berhasil mengantarkan kima meraih juara ke-3. Penampakannya bisa dilihat seperti di bawah ini:


toga ranting1 kima thn 2011
Taman Toga Ranting 1 Kima Tahun 2011 (tampak depan)

Pelaksanaan Lomba Toga antar Ranting Tahun 2011

Dapat dilihat dari kedua gambar di atas bahwa bagian yang bercat biru itu diibaratkan air laut sedangkan tempat tumbuhnya tanaman dibentuk menyerupai perahu. Saung terletak di depan dan belakang taman sedangkan kolam ikan berada di tengah-tengah taman yang terlihat sekilas pada gambar ke-2 (ditandai dengan cat hijau).


B. Tahun 2012

Pada tahun ini kondisi toga tidak mengalami perubahan berarti. Pemeliharaan belum dilakukan secara rutin namun setelah terjadi kemarau yang cukup merusak kondisi tanaman sehingga pemeliharaan pun kembali dilakukan secara rutin. Mulai saat itu Ibu Revi Andy Setio (juga merupakan salah satu kontributor blog ini) dengan dukungan dinas melakukan beberapa perbaikan baik berupa peremajaan tanaman hingga fisik taman. 
Rekondisi Saung di Depan Taman Toga Tahun 2012

Pengadaan Papan Katalog Toga (Daftar Nama dan Khasiat Toga)

Dapat dilihat sekilas pada gambar ke-2 bahwa konsep air laut yang berwarna biru telah diubah menjadi lebih mendekati konsep taman yang berbentuk tapak-tapak (foot steps). Rencana awal bagian tanah yang tidak tertutup oleh tapak akan diisi dengan rumput sehingga konsep taman akan lebih terasa namun konsep mengalami perubahan dan akan diceritakan berikutnya.


C. Tahun 2013

Taman toga kembali dipugar dan diremajakan bersamaan dengan kembali diadakannya lomba toga antar ranting. Perubahan yang terjadi setelah diadakan pemugaran dan peremajaan terasa cukup signifikan dan untuk mengupasnya lebih dalam maka akan kami bahas di blog berikutnya. Sampai jumpa di blog kami selanjutnya.

Salam hangat!

Tidak ada komentar: